Unik, Kisah Asal Mula Tradisi Kue dan Lilin Ulang Tahun

resepikekmudah.com – Saat seorang berulang th., umumnya juga akan ada nyanyian lagu ” Happy Birthday to You ” atau Selamat Ulang Th.. Peristiwa itu makin meriah dengan prosesi tiup lilin yang menancap diatas kue disertai lagu ” Tiup Lilin “. Sebelumnya meniup lilin, orang yang berulang th. umumnya juga akan membisikkan permintaan.

Unik, Kisah Asal Mula Tradisi Kue dan Lilin Ulang Tahun
Unik, Kisah Asal Mula Tradisi Kue dan Lilin Ulang Tahun

Perayaan seperti itu, nyatanya telah berjalan sepanjang beberapa puluh th. kemarin. Tetapi, sedikit yang tahu cerita dibalik paket lengkap (kue, lilin, nyanyian, serta permintaan) perayaan ulang th. itu.

Terdapat banyak bukti histori dari perayaan itu. Satu diantaranya dari orang Romawi Kuno yang diklaim awal kali rayakan ulang th. dengan kue manis serupa roti. Dengan serat roti berlapis kacang ditambah madu, kue itu begitu disenangi waktu itu.

Ada tiga type perayaan ulang th. Orang Romawi. Dapat cuma untuk pribadi, dapat dengan keluarga serta rekan, serta yang paling meriah waktu ulang th. kaisar. Tepung terigu, minyak zaitun, madu, serta keju jadi bahan kue yang mengagumkan dalam perayaan ulang th. kaisar ke-50 waktu itu.

Di bagian beda, sebagian sejarawan mengklaim orang Yunani kuno yang memprakarsai rutinitas buat kue ulang th.. Tetapi ada pula yang mengklaim rutinitas itu datang dari Jerman pada Era Pertengahan.

Waktu itu di Jerman, kue di buat serupa seperti bayi Yesus, jadi perayaan. Mereka mulai tingkatkan kwalitas kuenya mulai sejak awal era ke-15 sampai sekarang ini.

Untuk kue perayaan ulang th. anak-anak, orang Jerman menamainya Kinderfest, serta serupa dengan kue punya orang Romawi. Seiring waktu berjalan, kue sedikit berkembang jadi lebih manis serta dimaksud Geburstagtorten.

Design kue juga jadi lebih mengasyikkan pada era ke-17. Saat itu, selimut gula, dekorasi, serta beberapa bahan baru dikenalkan.

Kwalitas kue juga makin baik serta harga nya juga makin mahal. Meskipun demikian, timbulnya industri yang menghasilkan alat pembuat kue buat harga kue kembali alami penurunan. Beberapa orang yang telah dapat buat kue sendiri serta produksi kue dengan massal juga buat harga nya jadi lebih rendah.

Mengenai lilin-lilin jadi mahkota bercahaya diatas kue, juga miliki sejarahnya sendiri. Satu diantaranya dari orang Yunani Kuno, waktu Dewi berburu bernama Artemis awal kali diterima dengan kue serta lilin jadi lambang sinar bln. yang identik dengannya.

Mereka percaya, asap dari lilin juga akan mengantarkan doa-doa pada tuhan mereka. Perihal ini pula sebagai basic beberapa orang buat keinginan sebelumnya meniup lilin sampai saat ini.

Histori lilin ulang th. itu berlainan dengan teori Jerman. Dalam catatannya, pada era ke-18 ada pesta ulang th. Count Ludwig Von Zinzendorf. Disana, ada kue oven berlubang dengan lilin yang menutupinya.

Lantas, bagaimana masalah lagu ” Happy Birthday “? Yaitu lagu berjudul ” Good Morning to You ” yang memberikan inspirasi lagu itu. Ditulis pada 1893 oleh dua guru, Patty Hill serta Mildred J. Hill, lagu itu di buat untuk menyongsong siswa sebelumnya masuk ke kelas.

Lagu itu popular di Amerika, sampai pada 1924, Robert H Coleman mengaransemennya sekali lagi dengan satu bait alternatif. Versus Coleman itu juga cepat popular serta keluar di sebagian film serta musikal Broadway.

Leave a Comment