Hukum Mengganti Binatang Untuk Aqiqah

Aqiqah disunnahkah Rasulullah Muhammad SAW sebagai sarana umat Islam bersyukur kepada Allah atas karunia keturunan yang Ia berikan. Selain menjadi ekspresi rasa syukur, aqiqah juga berperan dalam praktek kesetaraan antara yang kaya dengan yang miskin. Segala tata cara mulai dari pemilihan binatang sampai penyebarluasan daging aqiqah, semua sudah diatur dan dicontohkan oleh Rasul sebelum Beliau wafat. Meski demikian, ada juga sebagian orang yang berkeinginan mengganti binatang aqiqah dengan tujuan beragam, salah satunya agar lebih banyak yang menerima. Bolehkah?

Hukum Mengganti Binatang untuk Aqiqah

Perlu diketahui terlebih dahulu. Kambing adalah binatang yang secara langsung disebut oleh Rasulullah di dalam hadist shahih yang berbunyi, “Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Ahmad 6/422 dan At-Tirmidzi 1516). Maka dapat kita simpulkan bahwa kambing adalah binatang paling afdol untuk dipilih, bukan unta, bukan sapi, bukan kerbau, atau binatang lainnya. Sehingga kalau harus diganti, maka uzurnya memang harus kuat. Contohnya, tidak memilih kambing karena memang di sekitar daerah itu tidak ada kambing sama sekali. Namun uzur ini kurang begitu cukup kuat melihat peternak kambing ada di banyak tempat. Selain itu, meski kambing setiap tahun disembelih besar-besaran saat Idul Adha, tak pernah ditemukan kabar bahwa populasi kambing akan punah.

Bila dilihat dari pendapat ulama, kita akan menemukan perbedaan. Mahdzab Syafii dan Hambali mengatakan penggantian binatang aqiqah diperbolehkan selama masih dalam ukuran dan syarat ketentuan yang sama, yakni sehat tidak cacat dsb. Sedangkan mahdzab Maliki dan Dzahiri tidak menyepakatinya berdasarkan ijtihad Aisyah RA. Meski demikian, bila memang keberadaan kambing masih bisa ditemukan, maka ada baiknya kita memilihnya dan mengikuti sunnah Rasul agar lebih tenang dalam mengamalkan ibadah aqiqah. Lagipula, hadist di atas shahih dan disepakati oleh 4 mazdhab. Namun bila berkeinginan untuk bersedekah lebih banyak, maka kita bisa melakukannya di lain kesempatan dalam bentuk lain, seperti sembako atau infaq uang. Dengan demikian, niat aqiqah di balqisaqiqah.com depok akan lebih sempurna dan tidak bercampur dengan niat lain. Insyaallah.

 

Leave a Comment