4 Perbedaan Mendasar Antara Aqiqah Dan Qurban

Menurut ajaran agama Islam, terdapat perintah untuk melakukan qurban dan aqiqah yang dilaksanakan dengan tujuan yang berbeda. Meskipun keduanya termasuk sunnah Rasul yang dilakukan dengan metode penyembelihan hewan, namun ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui semua umat Muslim.

4 Perbedaan Mendasar antara Aqiqah dan Qurban

Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari tujuan, waktu pelaksanaan, jumlah hewan dan lainnya. Untuk penjelasannya, bisa simak ulasna berikut ini :

  1. Tujuan yang berbeda

Perbedaan antara kurban dan akikah yang pertama ada pada tujuannya. Kurban bertujuan untuk mengikuti sekaligus memperingati hari Raya Idul Adha. Sedangkan tujuan dari aqiqah yaitu sebagai upaya penebus dosa kedua orang tua atas kelahiran bayi mereka.

  1. Perbedaan waktu pelaksanaan

Qurban bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah, yakni pada tanggal 9-12 Dzulhijah. Ibadah kurban juga bisa ditunaikan setiap tahun untuk umat Muslim yang memampuan secara materi. Sedangkan untuka kikah sendiri hanya dilakukan satu kali seumur hidup, lebih tepatnya di hari ketujuh sesudah kelahiran bayi.

  1. Perbedaan jenis hewan yang disembelih

Hewan yang diperbolehkan untuk disembelih pada ibadah kurban yaitu semua jenis binatang berkaki empat dan tentunya halal dimakan, seperti kerbau, sapi, onta, rusa, kambing dan sebagainya. Sementara hewan yang disembelih untuk akikah hanya diperbolehkan kambing saja.

  1. Perbedaan jumlah hewan

Perbedaan kedua ibadah ini selanjutnya yaitu terletak dari jumlah binatang yang disembelih. Pada kurban, 1 orang diperbolehkan menyembelih satu ekor kambing, sedangkan jika hewan yang disembelih berukuran besar seperti kerbau, unta atau sapi, maka bisa digunakan untuk kurban 7 orang. Sementara untuk akikah yaitu dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Daging dari hewan akikah klaten bisa diberikan pada orang kaya, bebeda dengan kurban yang hanya diperbolehkan pemberiannya pada fakir miskin. Aqiqah dilaksanakan bertujuan untuk ucapan rasa syukur kepada Allah Swt atas kelahiran bayi, sedangkan untuk kurban sendiri dilakukan untuk memperingati pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim terhadap anaknya, Nabi Ismail AS. Sementara untuk hukum kedua jenis ibadah ini yaitu sunnah Muakkad yang artinya sunnah yang sangat diutamakan.

 

Leave a Comment